Eksotisme Pulau-Pulau Kecil di sekitar Dermaga Simanindo

  • Bagikan
Pulau-pulau kecil di sekitar Dermaga Simanindo. (foto: Ernest)
Pulau-pulau kecil di sekitar Dermaga Simanindo. (foto: Ernest)

Teranyar.id, Samosir – Bicara soal Danau Toba tentu tak akan ada habisnya. Bahkan, masyarakat Sumatera Utara jika ditanya, pasti sebahagian besar akan mengaku tidak akan bosan untuk menginjakkan kakinya di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

Kali ini Teranyar.id beberapa hari yang lalu mengamati Danau Toba dari sudut pandang yang berbeda. Menyeberang menuju Pulau Samosir, melalui Ajibata – Tomok, Tigaraja – Tuktuk adalah rute yang sudah biasa.

Namun, amatlah menantang jika anda hendak menuju ke Pulau Samosir dengan rute Tigaras – Simanindo. Disamping, akses jalan mulai memasuki Simpang Raya menuju Tigaras yang cukup parah, jalanannya juga tidak begitu lebar layaknya jalan lintas sumateraa (jalinsum) Jalan Parapat.

Menyikapi hal tersebut, bagi anda para backpacker atau pun para petualang, anda harus berhati-hati bila menyusuri jalanan dengan rute Simpang Raya – Tigaras. Diperlukan kewaspadaan yang ekstra saat berkendara, karena ada banyak jalanan yang berlubang di sana-sini. Sebisa mungkin, persiapkan perbekalan minum anda apabila mengalami kelelahan sepanjang perjalanan.

Setibanya di Pelabuhan (Dermaga) Tigaras, pilihan ada di tangan anda mau menaiki transportasi kapal jenis apa. Jika anda menaiki kendaraan roda dua atau hanya menumpangi bus umum tujuan Tigaras saja, baiknya menaiki kapal motor biasa saja.

Dan bagi anda yang menaiki kendaraan roda empat atau bahkan lebih, silahkan menaiki kapal fery yang notabene fungsinya mengangkut mobil, bus maupun truk.

Kapal melaju dalam hitungan setengah jam bila menaiki kapal motor biasa, dan empat puluh menitan bila menaiki kapal fery menuju Pelabuhan (dermaga) Simanindo, sesaat lima menitan sebelum bersandar, maka mata anda akan disuguhi pemandangan eksotisme, yakni pulau-pulau kecil yang tak jauh dari sekitar dermaga Simanindo.

Cukup menarik mengamatinya walau hanya dari dalam kapal. Bahkan, mungkin jika anda punya waktu dan kesempatan menyambangi pulau-pulau kecil tersebut satu-persatu, maka ada pengalaman tersendiri yang cukup memuaskan dalam hidup anda.

Disarankan, jika hendak menyambanginya, sewalah speedboat atau jika ada nelayan yang bersedia meminjamkan sampannya, tentu anda akan jauh lebih hemat secara materi.

Mengamati pulau-pulau kecil tersebut, jikalau memungkinkan adanya kerjasama yang baik antara warga di sana yang menghuni dan memiliki pulau-pulau tersebut, akan jauh tampak lebih eksotis lagi jika Dinas Parawisata Kabupaten Samosir mau mengeksplornya secara kreatif. Dengan begitu, wisatawan mancanegara akan semakin tertarik untuk berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya ke Pulau Samosir, KabupatenSamosir.

Mengingat wacana yang digaungkan oleh Pemerintah Pusat akan pembentukan Badan Otorita Danau Toba, seyogianya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diharapkan sejak dini membangun sumber daya manusia lewat gerakan ‘revolusi mental’ terhadap masyarakat dan bila kemudian hal tersebut sudah diprioritaskan, maka infrastruktur yang memadai segera dibangun.

Wisata Danau Toba dari tahun ke tahun memiliki kesan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Oleh karenanya, peran serta masyarakat dan pemerintah harus bersinergi lebih keras lagi guna mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi berkelas dunia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.